ARTIKEL

31 May 2024       
Coba Hal Baru yang Bisa Membuat Mood Jadi Baik

Stock
Coba Hal Baru yang Bisa Membuat Mood Jadi Baik

Setiap orang ketika menjalankan aktivitas sehari-hari pasti membutuhkan suasana hati yang baik atau sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan mood. Suasana hati seseorang akan dimulai sejak bangun tidur hingga tidur kembali. Jika waktu tidur atau kualitas tidur kita terganggu, maka ketika bangun tidur suasana hati akan terganggu juga, sehingga aktivitas yang dijalankan menjadi tidak maksimal atau bahkan cenderung malas untuk melakukan aktivitas pada satu hari itu.

 

Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi setiap individu untuk menjaga mood agar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan maksimal. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mood yang dimiliki oleh seseorang sangat berpengaruh dalam hidupnya. Dengan kata lain, mood yang baik akan memengaruhi hidup yang baik, begitu pun sebaliknya.

 

Namun, sayang sekali bagi sebagian orang belum bisa untuk mendapatkan mood yang baik dengan maksimal atau bahkan ketika memulai hari selalu diawali dengan mood yang buruk.

Pada dasarnya mood atau suasana hati yang baik itu bisa dibentuk atau dibangun, tinggal bagaimana diri kita untuk melakukan hal itu. Untuk membangun mood yang baik memang tidak mudah, terlebih lagi jika belum menemukan cara terbaik dalam membentuk mood. Berikut ini adalah beberapa cara agar Mood kita menjadi jadi baik.

 

1. Menghabiskan waktu di alam

 

Kombinasi udara segar, kebisingan luar ruangan yang menenangkan, pemandangan menakjubkan, dan sinar matahari dapat membuat perbedaan besar dalam suasana hati yang buruk.

 

Menurut jurnal ilmiah berjudul Spending at least 120 minutes a week in nature is associated with good health and wellbeing dalam Springer Nature, menghabiskan waktu dua jam di alam dapat meningkatkan kesehatan mental.

 

(Foto: iStock)

 

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara alam dan kesehatan mental. Menurut studi, dibandingkan dengan lingkungan perkotaan (yaitu kota yang sibuk), lingkungan alam di luar ruangan dapat meningkatkan memori kerja, fleksibilitas kognitif, dan fokus. Tekanan pekerjaan dan suasana perkotaan dapat membuat mood menjadi buruk. Beraktivitas di alam, melihat yang hijau-hijau dan udara segar, merupakan peralihan dari rutinitas.


2. Olahraga

 

Melakukan aktivitas fisik secara teratur terbukti mencegah tekanan psikologis serta meringankan gejala kecemasan dan depresi. Menurut jurnal ilmiah berjudul The Effects of Acute Exercise on Mood, Cognition, Neurophysiology, and Neurochemical Pathways: A Review, yang dalam Brain Plasticity Journal, efek jangka panjang dari olahraga dapat mendukung kesehatan mental secara berkelanjutan.

 

Orang yang rutin olahraga tidak mudah marah, karena dia punya pelampiasan setiap kali mengalami mood buruk. Olahraga seperti aerobik menyebabkan otak melepaskan zat kimia yang membuat seseorang merasa nyaman. Zat ini bernama endorfin yang membantu memberi memberikan dorongan energi alami. Selain itu, aerobik baik juga dalam hal membantu kerja jantung, paru-paru, dan otot.


3. Mencoba sesuatu yang baru

 

Mencoba hobi baru atau mengikuti kelas baru mungkin terasa sedikit menegangkan. Namun, ketika kamu memaparkan otak pada sesuatu yang baru, hal itu akan mengubah pola pikir untuk membantu “menormalkan” kegagalan, sekaligus meningkatkan tingkat ketahanan dan kekuatan mental.

 

Contohnya berkreasilah dengan kelas melukis, bertualang dengan kursus memanjat, atau dapatkan inspirasi selama pelajaran menari. Intinya, kamu bisa mencoba apa pun yang bisa membuat bersemangat.