ARTIKEL

29 January 2024       
Pentingnya Olahraga Teratur untuk sirkulasi Haid Selalu Lancar

Stock
Pentingnya Olahraga Teratur untuk sirkulasi Haid Selalu Lancar

Fakta bahwa haid memang terkadang bikin kita nggak nyaman untuk beraktivitas. Rasa nyeri di area perut bawah dan pegal di sekitar pinggang biasanya jadi alasan beberapa perempuan memilih untuk mengurangi pergerakan dan menghindari olahraga. Ditambah lagi, ada mitos yang menyebutkan kalau olahraga ketika haid itu dilarang.

 

Olahraga sebetulnya bisa membantu melancarkan haid. Aktivitas fisik justru bermanfaat buat orang-orang yang haidnya telat atau nggak teratur. Olahraga dapat memberikan pengaruh yang halus atau ekstrem pada siklus menstruasi, tergantung pada bagaimana tubuh bereaksi terhadap aktivitas fisik. Menstruasi dan tingkat kebugaran memang saling berhubungan, karena menstruasi dikendalikan oleh produksi dan regulasi hormon tubuh. Sementara itu, aktivitas fisik dari olahraga akan memengaruhi kadar hormon tersebut.

 

Lantas, apa aja jenis olahraga melancarkan haid? Yuk, simak!

 

Ragam olahraga yang bantu melancarkan haid

 

Pada hari-hari pertama siklus haid, pasti kamu merasa nggak nyaman untuk melakukan gerakan olahraga yang menguras energi. Nah, ada beberapa jenis

olahraga yang bisa kamu lakukan dengan perlahan dan nggak membutuhkan waktu lama.

Berikut ini beberapa olahraga ringan yang bisa kamu coba agar haid lancar.

 

1. Berjalan kaki & lari pagi

 

Berjalan kaki merupakan olahraga pelancar haid yang paling sederhana. Untuk pemula, kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya sambil menghirup udara segar. Kalau dilakukan rutin, olahraga ini bisa membuat paru-paru bekerja secara optimal.

 

Selain itu, berjalan kaki setiap hari juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini bisa membantu meredakan nyeri haid, terutama selama hari-hari pertama ketika gejala PMS masih terasa. Berlari alias jogging jadi salah satu olahraga favorit banyak orang untuk melancarkan haid. Seperti saat berjalan kaki, produksi endorfin yang meningkat selama berlari juga bisa meringankan gejala menstruasi dan mengurangi rasa nyeri ketika haid.

 

2. Stretching

 

Kalau kamu lebih nyaman berolahraga di dalam ruangan, stretching alias peregangan adalah pilihan yang tepat. Ada banyak sekali gerakan stretching yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Gerakan peregangan membantu memperlancar peredaran darah dan membuat otot jadi lebih rileks, termasuk otot di sekitar panggul. Berkat hal ini, gerakan yang kamu lakukan selama olahraga peregangan berguna banget agar haid lebih cepat datang.

 

3. Yoga

 

Walau hampir serupa dengan streching, umumnya yoga terdiri atas beberapa gerakan dan pose khusus. Namun, jenis olahraga ini bisa tetap kamu lakukan sendiri di rumah dengan melihat panduan dalam video. Yoga membantu melatih pernapasan dan mengoptimalkan jumlah oksigen yang masuk ke paru-paru serta otot. Berbagai gerakan inilah yang membuat yogajadi salah satu olahraga andalan untuk melancarkan haid.

 

4. Berenang

Menstruasi bukan jadi halangan untuk kamu yang gemar berenang. Bahkan, berenang saat haid tergolong sebagai olahraga santai yang bermanfaat untuk fisik dan psikis. Olahraga renang juga bisa membantu memperlancar siklus haid yang nggak teratur.

Manfaat olahraga untuk perempuan

Gerakan olahraga untuk perempuan biasanya disesuaikan agar lebih ringan daripada olahraga laki-laki. Meskipun begitu, olahraga yang ringan sekalipun tetaplah bermanfaat untuk kesehatan. bisa olahraga di rumah.

 

(Foto: Wolipop)

 

Selain melancarkan haid, berikut berbagai manfaat olahraga untuk para perempuan.

 

1. Mengurangi nyeri haid

Biasanya, nyeri saat haid membuat kita malas beraktivitas. Padahal, sebenarnya nyeri menstruasi yang sangat mengganggu itu bisa diatasi dengan berolahraga. Ini karena olahraga membuat otot rahim yang sebelumnya tegang kini jadi lebih rileks.

 

2. Meningkatkan produksi hormon endorfin

Ketika haid, sering kali perempuan merasakan emosi yang kurang stabil. Nah, olahraga juga berperan penting untuk meningkatkan produksi endorfin, salah satu hormon yang berperan dalam menimbulkan rasa bahagia.

 

3. Memperbaiki suasana hati

Masih berkaitan dengan hormon endorfin, berolahraga akan memperbaiki suasana hati sambil melancarkan haid. Suasana hati yang baik membantu memelihara kesehatan tubuh dan pikiran sehingga nggak akan terjadi masalah pada siklus haid ke depannya.

 

4. Menambah pengalaman baru

Terakhir, berolahraga ketika haid bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan. Walau terkadang terasa berat, kamu bisa belajar banyak hal baru dari aktivitas yang baik ini. Begitu kamu mulai merasakan manfaat dari berolahraga, lakukanlah olahraga secara rutin untuk memperlancar siklus haid.

 

Olahraga nggak hanya berguna untuk melancarkan haid, tapi juga membawa banyak manfaat bagi perempuan. Bukan cuma tubuh yang bugar, pikiran pun jadi lebih sehat dan bahkan gejala PMS yang mengganggu bisa berkurang. Jadi, yuk, mulai lakukan olahraga yang ringan dari sekarang!

 

Supaya badan tetap terasa nyaman, jangan langsung berlari jarak jauh ya, Berlarilah secara perlahan selama beberapa menit dan beristirahat jika kamu sudah kelelahan atau nggak nyaman.

 

Lancarkan Haid dengan Suplemen Pelancar Haid

Selain olahraga di atas, untuk melancarkan haid bagi para wanita, bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi suplemen pelancar haid seperti Queen Secret Coffee dari Amiralab, minuman beraroma kopi yang sudah terbukti dan teruji secara klinis, ratusan ribu produk telah terjual dan banyak sekali testimoni positif bagi perempuan yang telah merasakan khasiatnya.

Dengan harga terjangkau, Queen Secret Coffee (QSC) dapat didapatkan disini: