ARTIKEL

12 February 2024       
Kesehatan Mental Merupakan hal Penting Berkaitan dengan Hormon

iStock
Kesehatan Mental Merupakan hal Penting Berkaitan dengan Hormon

Tak dapat dipungkiri, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tenang dan tenteram, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

 

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja. oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan pola hidup sehat

 

Terdapat beberapa jenis masalah kesehatan mental yang paling umum terjadi, berikut diantaranya:


1. Stres

Stres adalah keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik secara emosi maupun mental.Seseorang yang stres biasanya akan tampak gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Stres juga dapat mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu, memicu depresi.

Stres bukan saja dapat memengaruhi psikologi penderitanya, tetapi juga dapat berdampak kepada cara bersikap dan kesehatan fisik mereka.

 

2. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan adalah kondisi psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas berlebihan secara konstan dan sulit dikendalikan, sehingga berdampak buruk terhadap kehidupan sehari-harinya.

 

Bagi sebagian orang normal, rasa cemas biasanya timbul pada suatu kejadian tertentu saja, misalnya saat akan menghadapi ujian di sekolah atau wawancara kerja. Namun pada penderita gangguan kecemasan, rasa cemas ini kerap timbul pada tiap situasi. Itu sebabnya orang yang mengalami kondisi ini akan sulit merasa rileks dari waktu ke waktu.

 

3. Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya terus-menerus merasa sedih. Berbeda dengan kesedihan biasa yang umumnya berlangsung selama beberapa hari, perasaan sedih pada depresi bisa berlangsung hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

 

Selain memengaruhi perasaan atau emosi, depresi juga dapat menyebabkan masalah fisik, mengubah cara berpikir, serta mengubah cara berperilaku penderitanya. Tidak jarang penderita depresi sulit menjalani aktivitas sehari-hari secara normal.

 

Untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, kita biasakan diri kita untuk selalu berpikir positif dan bermental sehat. Dengan membiasakan diri seperti ini, tubuh kita akan meng-aktifkan hormon-hormon tubuh yang membuat kita bahagia. Hormon bertindak sebagai pembawa pesan bagi tubuh kita, mengatur segalanya mulai dari fungsi fisik hingga kesejahteraan emosional. Ada empat hormon bahagia yang bisa menjaga kesehatan mental: Dopamin, Serotonin, Endorfin dan Oksitosin.

 

Kita hanya membahas 1 hormon diatas yaitu Endorfin. Hormon endorfin berperan sebagai pereda sakit alami. Hormon ini juga diketahui dapat meningkatkan suasana hati. Nah, ada beberapa cara agar tubuh dapat memproduksi hormon endorfin, terutama saat Anda stres atau emosional.

 

Endorfin adalah zat kimia yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Hormon ini berperan sebagai penghilang rasa sakit alami dan bertanggung jawab atas perasaan senang setelah melakukan aktivitas tertentu. Bahkan, hormon endorfin juga dapat memberikan energi positif dalam diri seseorang.

 

(Foto: Stock)

 

Fungsi Hormon Endorfin

Hormon endorfin dihasilkan oleh kelenjar pituitari, yaitu kelenjar berukuran kecil yang berada di dalam otak. Setelah diproduksi, hormon ini akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui sistem saraf. Kita dapat meningkatkan pelepasan endorfin tubuh dengan melakukan aktivitas seperti latihan, meditasi, seks, bermain musik, dan tertawa. Tak hanya itu sinar ultraviolet juga berperan meningkatkan hormon bahagia disebut endorfin ini. Tak heran jika sebagian orang merasa bahagia saat menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet merangsang pelepasan beta-endorfin di kulit.


Endorfin yang dihasilkan tersebut memiliki banyak fungsi penting bagi fisik maupun emosi, antara lain:

- Mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman
- Meningkatkan suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri
- Mengurangi stres, depresi, dan rasa cemas
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Mendukung memori dan fungsi kognitif
- Melepaskan hormon seksual
- Menambah nafsu makan
- Meredakan peradangan

 

Oleh karena itu, rangsangan untuk lebih memproduksi hormon Endorfin perlu ditingkatkan. Selain hal-hal tersebut diatas, Happy mind dan Olahraga akan sangat membantu pelepasan Endorfin juga.

 

Selalu Jaga Kesehatan tubuh kita

Selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan makan yang cukup nutrisi dan pola tidur yang baik serta menambah asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh dan suplemen untuk merangsang sel-sel tubuh bekerja optimal dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit dan pikiran negatif, juga merangsang perasaan bahagia.

 

Bagi para wanita, selalu cintai diri sendiri dengan semakin memperhatikan kesehatan tubuh dan organ intim, pantau selalu siklus haid agar selalu lancar, dengan demikian rasa was-was akan tergantikan dengan perasaan tenang dan bahagia. Bantu dengan mengkonsumsi Queen Secret Coffee dari Amiralab yang sudah terbukti secara klinis membantu memperlancar proses haid agar lebih stabil dan teratur.

 

Dengan harga terjangkau serta banyaknya testimoni positif, Queen Secret Coffee (QSC) dapat didapatkan disini: