ARTIKEL

16 February 2024       
Seberapa Penting Mencintai Diri Sendiri

Stock
Seberapa Penting Mencintai Diri Sendiri

Memang terdengar mudah, ungkapan mencintai diri sendiri. Tapi untuk beberapa orang mencintai diri sendiri (atau self-love) tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika mereka pernah mendapatkan komentar negatif dari orang lain, misalnya tentang berat badan, tinggi badan, jerawat, dan lain-lain.

 

Nah, agar bisa berdamai dengan diri sendiri, kita perlu belajar untuk mencintai diri sendiri juga. Karena dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menerima kelebihan dan kekurangan diri tanpa syarat.

 

Definisi self-love adalah mengontrol emosi. Inilah alasan banyak orang yang menerapkan cara ini pada perawatan kesehatannya sehingga berpeluang lebih besar untuk berpikir positif. Saat seseorang sedang marah, kecewa, atau sedih sekalipun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu diri sendiri, misalnya dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti mendengarkan musik,membaca buku, dan berolahraga.

 

Mengapa Generasi Muda Perlu Aware?

Pertama, karena semua perasaan negative timbul dari rasa tidak terima. Sehingga perasaan yang muncul dari rasa tidak terima tersebut dapat berpengaruh dengan kesehatan mental seseorang. Kedua, jika kita tidak mampu menerima diri sendiri lebih dahulu maka akan sulit menerima diri kita. Ketiga, kedamaian dapat dicapai dengan ketika kita mulai menerima diri sendiri. Tentunya hal ini bertolak belakang dengan rasa cemas dan tidak percaya diri ketika kita belum dapat menerima diri sendiri.

 

Terlepas dari kenyataan bahwa mencintai diri sendiri adalah suatu keharusan, hal itu dapat dicapai dengan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang.  Di masa saat ini generasi muda harus tetap peduli dengan konsep penerimaan diri. Karena menurut, Carl Roger mengatakan bahwa seseorang akan sehat secara mental ketika orang sekitarnya mampu menerima mereka tanpa syarat, menerima apapun bentuknya mereka, menerima bagaimanapun keadaan mereka.